Bikin Surat Keterangan Sehat Itu Tak Semudah Ngupil Pake Telunjuk

Posted: 1 Juni 2009 in Lagi Kepengen Nulis

Mumpung lagi ngga’ sekolah, 2 hari yang lalu saia ke rumah sakit buat ngelepas perban sunat saia bikin surat keterangan sehat dari dokter yang diperluin buat daftar kuliah. Sebenernya saia males banget kalo yang namanya ke rumah sakit. Bukannya takut ketemu suster ngesot terus diajak foto bareng ato takut disunat lagi sama dokter, tapi ngga’ tau kenapa saia ngerasa ngga’ enak aja kalo di rumah sakit. Tapi ya mau gimana lagi, mau ngga’ mau saia mesti ke rumah sakit buat bikin surat keterangan sehat.
Kata temen-temen saia yang udah pengalaman bikin sih bikin surat keterangan sehat dari dokter tu ruet banget, mesti mondar-mandir kesana kemari dan antrinya juga lumayan lama.

Dengan penuh rasa PD saiapun pergi ke rumah sakit sendiri. Ia, sendiri…, hebat kan ?

Pas nyampe di rumah sakit, saia langsung menuju ke UGD trus saia nanya-nanya gitu sama mba’-mba’ bagian informasi.

Saia : “Mba’ mau nanya, kalo mau bikin surat keterangan sehat tu dimana ya mba’ ?”

Mba’-mba’ bagian informasi tadi ngga’ ngerespon, dan saia tanya lagi

Saia : “Mba’ mau nanya, kalo mau bikin surat keterangan sehat tu dimana ya mba’ ?”

Mba’-mba’nya tetep ngga’ ngerespon dan saia ganti pertanyaannya, sapa tau mba’-mba’nya mau ngerespon. Saia tanya gini

Saia : “Mba’, saia ganteng ngga’ mba’ ?”

Eh, ternyata mba’-mba’nya tetep cuek itik. ngga’ ngasih respon apa-apa gitu, bener-bener kebangetan.

Ya udah, saia tetep berdiri aja di situ sambil ngomong gini,

Saia : ”Mba’ keju Mba’ keju Mba’ keju Mba’ keju Mba’ Mba’ keju Mba’ keju Mba’ keju Mba’… (niru-niru iklan sampe mulut bebuih)”

Dan akhirnya, mba’-mba’ bagian informasi tadi ngasih respon juga.

Mba’-mba’ bagian informasi : “Kenapa ya ?”

Saia : “Mba’ mau tanya, kalo mau bikin surat keterangan sehat tu dimana ya mba’ ?”

Mba’-mba’ bagian informasi : “Owh itu, langsung aja ke Poliklinik yang sebelah sana itu” (sambil nunjuk-nunjuk)

Saia : “Makasih mba’…”
(sambil ngeloyor dan teriak keras-keras dalam hati ”Bilang ke’ dari tadi mba !!”)

Saiapun menuju Poliklinik terus langsung registrasi di loket dan saia dikasih kartu-kartu gitu.
Yang njagain loket mas-mas dan orangnya lumayan friendly, trus kita juga sempet ngobrol-ngobrol sebentar.

Mas-mas penjaga loket : “Surat keterangannya buat apaan mas ?”

Saia : “Buat daftar kuliahan Mas…”

Mas-mas penjaga loket : “Emang mau kuliah di mana mas ?”

Saia : “Di mesjid deket rumah Mas, kuliah subuh”

Ngga’ ding, saia ngga’ njawab kaya’ gitu. Saia jawab saia mau kuliah di Institut Pertanian Bogor (IPB) jurusan Teknik Mesin (lho ?)

Trus sama mas-mas yang njagain loket tadi saia disuruh ke ruang Poli Umum. Ngga’ tau juga sih kenapa namanya ruang Poli Umum, ngga’ Poli Pantai biar asyik ato Poli Apa gitu ke’. Mungkin di ruangan itu orang pada maen Poli rame-rame kali ya ?, makanya dinamain ruang Poli Umum (ngaco)

Karna saia sok tau, saia ngga’ begitu merhatiin pas mas-mas yang njagain loket tadi ngasih tau ke saia dimana ruang Poli Umum itu berada. Saia pikir nyariin ruang Poli Umum tu gampang, trus di rumah sakit kan juga ada papan-papan petunjuk gitu, jadi kalo cuman nyari ruang Poli Umum tu gampang.
Eh ternyata, setelah keliling-keliling, muter-muter satu rumah sakit, saia ngga’ nemuin yang namanya ruang Poli Umum itu. Ya udah, mau ngga’ mau saiapun harus menebal-nebalkan muka saia buat balik lagi ke depan dan nanya ke mas-mas penjaga loket tadi dimana ruang Poli Umum.

Dan ternyata, ruang Poli Umum tu letaknya masih satu bangunan sama Poliklinik tadi. Tau gitu, ngapain coba saia capek-capek ngelilingin satu rumah sakit sambil bawa-bawa map. Untung aja saia ngga’ diusir sama satpam rumah sakit karna dikirain mau minta sumbangan dan untung aja saia ngga’ nyasar ke kamar mayat terus ketemu suster ngesot dan diajakin foto bareng dengan pose syur.

Terus langsung aja saia antri di depan ruang Poli Umum yang letaknya masih di dalam Poliklinik itu. Dan setelah lumayan lama nunggu,

“Akhirnya Datang Juga…”,

Akhirnya saia dilayani dan dipriksa macem-macem. Tensi darah, tinggi dan berat badan, dsb. Trus saia disuruh priksa golongan darah juga, tapi karna saia udah tau apa golongan darah saia, saia bilang aja golongan darah saia B, tapi dokternya kurang yakin gitu dan dokternya nyuruh saia test darah lagi. Saia sih sebenernya punya kartu golongan darah dari PMI, tapi lupa saia bawa. Sebagai gantinya, saia tunjukin aja KTP saia ke dokternya, di situ juga ketulis golongan darah saia apa.
Dan itulah yang jadi masalah. Pas bikin KTP kemaren, saia lupa masukin data golongan darah saia. KTP yang belum dilaminating, iseng-iseng saia tulisin huruf “B” di bagian golongan darahnya pake pensil. Dokter yang ngeliat KTP saia tadi trus bilang gini

Dokter : “Lho…, ini ko’ tulisan golongan darahnya ngga’ ketikan ?”

Saia : (dengan muka ngga’ berdosa dan pura-pura ngga’ tau) “Lho, emang ia ya Bu…?, ngga’ tau tu kemaren orang kelurahan yang bikin, ko’ ngga’ diketik ya ?”

Dokter : “lho…, ngga’ bisa ini…, kalo kamu kecelakaan, jderrrr, trus kenapa-napa gimana ?, sapa yang mau tanggung jawab kalo sampe kejadian salah tranfusi darah trus reaksi sama tubuh kamu ??”

(Buset…!, pake acara nyumpah-nyumpahin segala lagi…!)

Saia : “Tapi emang golongan darah saia “B” ko’ Bu…, saia ada kartu golongan darah dari PMI tapi saia tinggal di rumah…”

Saia yang males buat keluar duit dan ngantri-ngantri lagi ngga’ mau priksa darah ulang. Ya udah, untungnya si dokter mau aja nulis golongan darah saia “B” di surat keterangan sehat saia.

Golongan darah : B (KTP)

Terus abis itu saya dioper ke ruang dokter spesials mata buat test buta warna. Dan ngga’ segampang itu, saia mesti balik lagi ke loket depan buat registrasi (dan bayar lagi tentunya) sebelum ke ruang dokter Spesialis Mata buat test mata. Untungnya sih saia ngga’ mesti ngantri lagi dan Alhamdulillah, ternyata selama ini saia ngga’ buta warna walopun sebelumnya saia sempet ragu kalo saia ini buta warna apa ngga’, soalnya kemaren-kemaren pantat saia panuan, takutnya ada efeknya gitu ke mata (ngaco).

Pas acara priksa-memeriksanya udah selese, saia dioper lagi ke ruang Tata Usaha rumah sakit buat ngetikin data hasil pemeriksaan tadi dan tentu aja mesti antri lumayan lama lagi. Pas saia ngantri, di sebelah saia ada Bapak-bapak yang ngga’ pake baju terus badan sama lengannya dibalut pake kain ikut ngantri juga. Kaya’nya sih sakit banget (ya emang sakit !!), mau jalan aja susah. Setelah surat keterangan saia jadi, saia sih pengennya langsung fotokopi dan langsung minta dilegalisir juga supaya ngga’ balik-balik lagi ke rumah sakit, tapi pas hari itu yang nanda tanganin buat legalisir ngga’ ada. Ya udah, dengan terpaksa besoknya saia mesti balik lagi buat legalisir surat kesehatan saia.

Besoknya, saia balik lagi ke rumah sakit buat legalisir. Untungnya sih saia ngga’ mesti lama-lama ngantri dan prosesnya cepet. Akhirnya semuanya udah selese dan pas saia mau pulang, tiba-tiba orang Tata Usaha yang ngurusin masalah legalisir tadi bilang gini,

“Biasanya sepuluh ribu Mas…”

Kampret…!!, mesti bayar lagi…!!, tau gitu mending saia tadi fotokopi aja banyak-banyak, terus minta dilegalisir semua. Yaaa… Buat apa gitu, buat bungkus kacang juga boleh.

Bener-bener susah deh bikin surat keterangan sehat. Ngga’ segampang ngupil pake telunjuk.

Iklan
Komentar
  1. Pi2t_v3any berkata:

    Habis berapa juta mas buat bikin surat keterangan sehat itu ?
    informasi dong, saya juga mau buat niih…

  2. Icha Ariska berkata:

    ahahaahaha gokiel…..aku mau buat surat keterangan sehat malah ketawa ketawa jd na.

  3. zacky berkata:

    wkwkwkwkwk. .., , gokil tu crita., ,.:D

  4. ardiyan berkata:

    hahaha mas saya mau tes buta warna jugadi pmi bogor wkwk biayanya berapa noh bang?lama banget apa yaak :/ perjuangan mau kuliah haha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s