Saia Sekarang Udah Lulus SMA

Posted: 19 Juni 2009 in Menulis Dengan Otak yang Benar-Benar Bekerja

Alhamdulillah… Akhirnya setelah cukup lama nunggu dalam ketidakpastian, hasil kelulusan UN kemaren diumumin juga. Sesuai jadwal, seharusnya dari tanggal 10 Juni kemaren udah diumumin, tapi waktunya terus-terusan diundur ngga’ jelas, padahal daerah-daerah laen udah pada diumumin hasilnya. Pertama katanya diundur jadi tanggal 13 Juni, terus katanya lagi diundur jadi tanggal 16 dan malah guru-guru juga bilang kalo pengumuman kelulusan UN di Kotawaringin Timur (my hometown) belum bisa dipastiin kapan waktunya, yang jelas sebelum tanggal 20 hasil UN udah diumumin.
Dan akhirnya, pengumuman UN di tempat saia jadinya tanggal 17 Juni.

Hari yang ditunggu-tunggu semua anak kelas XII dengan harap-harap cemas pun tiba. Langit di atas kota Sampit begitu cerah, secerah harapan semua anak kelas XII yang berharap lulus Ujian Nasional tahun ini.
Sebelum pengumuman, udah ada desas-desus kalo ada sekitar 9% anak kelas XII yang dipastiin ngga’ lulus.

Anak-anak dari SMA laen udah pada konvoi dengan baju corat-coret, tapi di sekolah saia hasil UN belum juga diumumin. Akhirnya, sekitar jam 11-an anak-anak kelas XII disuruh kumpul di lapangan buat nerima pengumuman hasil UN. Sebelumnya diumumin dulu anak-anak yang nilai UN-nya paling tinggi dari masing-masing jurusan (yang jelas saia ngga’ masuk, udah bisa lulus aja rasanya udah syukur banget). Abis itu, anak-anak kelas XII disuruh baris sesuai kelasnya masing-masing dan wali kelas ngebagiin amplop putih yang isinya pengumuman hasil UN.

Sumpah…, saia deg-degan banget waktu itu, padahal sebelumnya saia nyante-nyante aja.
Saia dipanggil ke depan barisan sama wali kelas saia, Ibu Mortha buat nerima amplop yang isinya pengumuman hasil UN. Saia tambah deg-degan banget dan anak-anak kelas saia minta kalo ngebuka amplopnya bareng-bareng satu kelas gitu. Ya udah, amplop yang udah dibagiin sama wali kelas tadi saia pegang-pegang aja, ngga’ saia buka dulu sampe semua anak-anak sekelas udah nerima amplopnya. Waktu itu anak-anak kelas laen udah ada yang tereak-tereak sambil semprot-semprotan pilox karna lulus dan juga udah ada yang nangis peluk-pelukan karna ngga’ lulus UN, malahan udah ada anak IPS yang pingsan segala gara-gara ngga’ lulus. Setelah semua anak di kelas saia nerima amplop, ketua kelas saia, si Usman langsung mengomando buat ngebuka amplop sama-sama. Saia ngebuka amplop tadi pelan-pelan, saia takut banget kalo nantinya hasil yang ketulis di amplop ngga’ sesuai dengan harapan saia. Dan setelah amplopnya saia buka, ternyata…
Alhamdulillah di bagian tengah amplop yang saia terima tadi kepampang tulisan “LULUS”.
Ngeliat tulisan itu saia cuma bilang “Alhamdulillah pelan”, saia ngga’ tereak-tereak dan langsung sujud syukur di tengah lapangan. Abis itu saia ngeliat ke kumpulan anak-anak kelas saia, dan “Masya Alloh…” ada seorang temen sekelas saia yang cewe’ ngga’ lulus dan dia nangis-nangis meluk wali kelas, temen temen yang laen juga pada ikutan meluk, Pokoknya kasian banget deh temen saia yang satu itu, padahal anaknya termasuk rajin juga.
Anak-anak kelas saia yang lulus pada ngga’ tega dan ngga’ enak sama temen saia yang ngga’ lulus tadi mau tereak-tereak dan semprot-semprotan pake pilox. Tapi pas temen saia yang ngga’ lulus tadi udah dijemput pulang sama ortunya, anak-anak kelas saia pada coret-coret juga kaya’ anak kelas XII yang laen. Padahal sebelumnya pak kepsek udah ngingetin kalo ngga’ boleh corat-coret. Tapi ya namanya anak SMA, omongan kepsek tadi sama sekali ngga’ dianggep. Jangankan baju, lapangan basket aja pada abis dicoret-coret sama anak-anak (termasuk saia juga, bikin taging di lapangan basket pake piloxnya Dina). Malahan, sebelum pengumuman anak-anak IPS udah ada yang corat-coret duluan. Untung aja mereka pada lulus, coba kalo ngga’ ?

Udah puas corat-coret dan tanda tangan sana sini, anak-anak sekolah saia pada konvoi pake motor keliling kota Sampit. Tapi saia ngga’ ikutan konvoi, saia langsung pulang aja ke rumah.
(cemen banget)

Saia nyadar banget kalo kelulusan saia ini bukan karna hasil kerja keras saia sendiri. Untuk itu, pertama-tama saia pengen ngucapin terima kasih sama Alloh yang udah ngasih saia banyak banget kemudahan selama UN, hingga saia bisa lulus UN tahun ini.
Yang kedua, saia pengen ngucapin terima kasih buat keluarga saia, specially Bapak dan Ibu saia yang tanpa henti terus mendukung saia, nyemangatin saia ketika saia jatuh dan yang selalu ngedoain saia di setiap kesempatan sehingga saia bisa lulus UN tahun ini.
Yang ketiga, saia pengen ngucapin terima kasih buat guru-guru, specially Ibu Mortha yang udah ngebimbing dan mendoakan saia dan temen-temen sampe kita bisa sukses UN tahun ini.
Yang ke empat, saia pengen ngucapin terima kasih buat temen-temen saia, specially anak-anak XII IPA3 SMANSA yang udah banyak ngebantu saia dan udah mau ngasih banyak banget contekan ke saia selama ini.
Yang kelima, saia pengen ngucapin terima kasih buat diri saia sendiri yang udah mau berdoa dan berusaha keras dalam menghadapi UN tahun ini.
Makasih…
Makasih…
Makasih banyak buat kalian semua yang udah banyak memberikan semangat dan dukungan buat saia selama ini sampe saia bisa nerima amplop dengan tulisan “LULUS” tanggal 17 kemaren.
Sekali lagi terima kasih…
I’m so lucky have you all…

Buat temen-temen yang belum berhasil, jangan pernah nyerah. Buktiin sama semua orang kalo tanpa lulus UN pun kamu bisa tetep jadi yang terbaik. Ngga’ lulus UN bukan akhir dari segala-galanya. Masih ada ujian paket C dan masih ada Ujian Nasional 2010.

Keep spirit !

Iklan
Komentar
  1. Rahmat Kedai berkata:

    Alhamdulillah,,,
    Selamat yah,,,
    Salam kenal ^^b

    Kedai

  2. gojeg berkata:

    Selamat menempung hidup baru.. 😀

  3. artvisualizer berkata:

    wow.. selamat .. selamat…

  4. slam knal..

    moga amn lncr & brokh

  5. fery finish last berkata:

    @all :

    Makasih banyak buat semuanya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s