Postingan Tentang Mbah Surip yang Terkenal Itu

Posted: 13 Juli 2009 in Lagi Kepengen Nulis

Akhir-akhir ini Mbah Surip sering banget nongol di TV dan jadi familiar di kalangan kita-kita yang rajin melototin TV. Berkat iklan Ring Back Tone (RBT) lagu Mbah Surip yang berjudul “Tak Gendong Kemana-mana” (ngga’ pegel opo Mbah ?) yang sering banget nongol di tipi-tipi itu, nama Mbah Surip dan lagu “Tak Gendong Kemana-mana”-nya kian naek daun. Mulai dari anak-anak sampe orang tua pada kenal sama Mbah Surip dan lagu “Tak Gendong Ke Mana-Mana”-nya Ini. Bahkan, gara-gara iklan RBT ini sholat saia pernah batal. Pas saia lagi sholat dengan penuh kekhusyukan dan dengan penuh rasa damai, tiba-tiba saia ngedenger iklan RBT-nya Mbah surip,

Tak Gendong, ke mana-mana…
Tak Gendong, ke mana-mana…
Enak dong, dari pada kamu naek pesawat kedinginan
Mendingan tak gendong to,
Mantep to,
Ayo… Ke mana ?

Dst…

Ngebayangin Mbah-mbah tua berpenampilan nyentrik ala Bob Marley nyanyi lagu gituan, ditambah ngebayangin video klipnya yang kocak abis bikin saia ngga’ kuat nahan ketawa. Ya udah, dari pada nahan-nahan ketawa sambil sholat gitu saia ketawa aja, dan otomatis gara-gara ketawa ya sholat saia juga batal. Tapi itu dulu sih, pas tu iklan baru-baru nongol, kalo sekarang ngeliat iklannya ya biasa aja, ngga’ pake ketawa-ketawa sama guling-gulingan segala di lante.

Gara-gara iklan RBT-nya Mbah Surip yang fenomenal itu, adek-adek saia juga pernah pada saling baku hantam alias pada berantem. Kejadiannya bermula pas 2 orang adek saia, Zulfa, 6 tahun (nama sebenarnya) dan Azza, 8 tahun (juga nama sebenarnya) lagi nonton stasiun TV kebanggaan mereka, Spacetoon. Pas lagi asyik nontonin Spacetoon, tau-tau ada iklan RBT-nya Mbah Surip nongol.
Ya itu, sia sendiri juga heran, ngapain juga Mbah Surip ngiklan-ngiklanin RBT-nya di Spacetoon yang jelas-jelas Spacetoon itu tipinya anak-anak ?
Apakah Mbah Surip emang sengaja pengen ngeracunin pikiran anak -anak indonesia dengan lagu “Tak Gendong Ke Mana-Mana”-nya itu ?
Ngga’ tau juga sih apa motif Mbah Surip ngiklan-ngiklanin RBT-nya di TV anak-anak. Tapi ngga’ papa lah, dari pada anak-anak pada nyanyi-nyanyiin lagu Cari Jodoh gitu. Masih pada anak-anak, cebok aja masih belum bisa udah diajarin mikir jodoh aja. Parah !

Pas ngeliat iklan Ring Back Tone-nya Mbah Surip nongol di Spacetoon, adek saia si Zulfa nanya gini ke Azza,

“Mba’ Azza…, Mba’ Azza…, emang Mbah Surip tu udah mati ya Mba’…?”

Si Azza cuek aja karna waktu itu dia lagi asyik makanin rambutan. Karna dicuekin sama Mba’nya, si Zulfa nanya lagi,

“Mba’ Azza…, emang Mbah Surip tu hantu ya Mba’…?”

(mohon ma’af atas kelancangan adek saia ini Mbah, namanya juga anak-anak. Salah sendiri Mbahnya ko’ nongol-nongolin diri di Spacetoon yang notabene mayoritas pemirsanya masih belom bisa ngebedain yang mana hantu dan yang mana mbah-mbah nyentrik, hehe)

Si Azza yang lagi asyik makanin rambutan tetep cuek itik sama pertanyaannya si Zulfa.

“Mba’…!!!”

Walopun si Zulfa udah mulai sebel banget karna dicuekin, si Azza tetep aja cuek, masih asyik makanin rambutan. Dan tiba-tiba,

“Tuk…!!!”

Sebuah pensil warna melayang ke kepala Azza yang tak lain pelakunya adalah si Zulfa yang sebel banget gara-gara dicuekin. Si Azza pun kaget, langsung marah dan gara-gara itu hampir aja biji rambutan yang lagi diemut-emutin sama dia ketelen. Selanjutnya…., terjadilah sebuah perkelahian antar anggota keluarga yang ngga’ perlu saia ceritain panjang lebar lagi di sini. Ya, itu semua gara-gara Mbah Surip.

Mbah Surip
Adek Zulfa, ini namanya Mbah Surip bukan HANTU

Mbah Surip Waktu Masih Muda
Ini Adalah Foto Mbah Surip Waktu Masih Muda Dulu, Gimana ? Ganteng Kan ?

Terus acara-acara musik kaya’ Be A Man Dahsyat, Inbox, Kiss Vaganza dsb, dkk, dll yang biasanya dipenuhin sama band-band cengeng numpang lewat yang di Video klipnya mesti ada adegan cowo’ ganteng sama cewe’ cakep lagi berantem (meminjam kata-kata milik bli Jerinx), vokalisnya yang nyanyi dengan ekspresi berlebih kaya orang lagi boker dan personel-personelnya yang maenin lagu mellow berasa maen lagu heavy metal mulai berani ngundang Mbah Surip yang notabene sangat jauh dari kesan melow dan ganteng (maaf ya mbah, hehe) sebagai bintang tamunya. Saia sih ngga’ tau ya, abis ngundang Mbah Surip sebagai bintang tamu, rating acaranya menurun drastis apa ngga’. Tapi yang jelas, Mbah Surip ngasih warna baru dan sangat-sangat menghibur banget di acara-acara itu.

Penasaran sama sosok Mbah Surip yang akhir-akhir ini jadi fenomenal banget, saia googling nyari-nyari info tentang mbah surip. Dan setelah saia baca-baca tentang Mbah Surip di sini dan di sini,
tahukah anda…?
Dibalik penampilannya yang terkesan urakan, ngga’ jelas dan ngga’ ngeyakinin itu, ternyata Mbah Surip tu lulusan S2 lho…
Saia aja hampir ngga’ percaya.
Ngga’ cuman gitu aja, Mbah Surip tu ijazah setingkat SMA-nya ada 2, SMEA sama STM. Trus gelarnya sendiri juga ada 3, yaitu Insinyur, Drs sama MBA.

(wahh…saia bisa nyelesein S1 aja belom tentu tuh Mbah…)

Mbah Surip juga dulunya sering dikontrak kerja sama perusahaan tambang luar negeri, Mbah Surip pernah kerja di California, Canada, Texas dan Yordania.
(Ya ampuun… Keren banget mbah, jadi pengen saia mbah)
Tapi selama kerja di perusahaan-perusahaan tambang luar negeri, Mbah Surip ngerasa kurang puas. Bukannya gajinya dikit dan cuman cukup buat makan seminggu sekali gitu, tapi Mbah Surip ngerasa kalo dunianya bukan di situ.
(lho, emang dimana mbah ?)
Mbah Surip ngerasa dia lebih nikmatin hidup kalo dia hidup di dunia seni. Akhirnya, Mbah Surip pun balik ke Jakarta trus mulai gabung sama beberapa komunitas seni dan terus berkesenian sampe sekarang.

Yeah… Kadang pemikiran orang tu beda-beda. Mbah Surip mungkin nganggap materi tu ngga’ terlalu penting, dan yang lebih penting tu adalah kepuasan batin.
Mbah surip ngelakuin hal-hal yang disukainya dengan sangat konsisten dan penuh integritas. Hasilnya, sekarang mbah surip ngantongin duit 4,5 milyar dari lagu-lagunya (specially lagu “Tak Gendong Ke Mana-Mana”) yang ngga’ laen adalah hasil dari kerja keras beliau yang penuh dengan konsistensi dan integritas itu.
(buseet…, emang muat kantongnya Mbah ?, saia bantu ngantongin ya Mbah ?, boleh ya mbah ?, boleh ya ?)

Pokoknya I Love You Full Mbah…

Saia jadi pengen jadi kaya’ Mbah Surip, tapi bukannya saia pengen ngegimbal rambut terus keliaran di terminal sambil nyanyi lagu “Tak Gendong Kemana-mana” gitu, sama sekali bukan. Tapi saia pengen banget jadi orang sukses hanya demgan ngelakuin hal-hal yang saia sukai (hobby) dengan sangat konsisten dan penuh integritas kaya’ Mbah Surip. Emang sih, itu semua ngga’ gampang dan perlu perjuangan panjang serta kerja keras yang melelahkan.

Iklan
Komentar
  1. aguszzz berkata:

    gak suka gw ma mbah surip…

    aneh orangnya!!!

    nice posting!!

    • fery finish last berkata:

      Yah… Kalo tidak suka ya ngga’ papa Bang…
      Itu hak orang.

      Tapi Mbah surip itu orang yang Apa adanya, selalu tertawa dan yang jelas NGGA’ SOK MELLOW…

      Berani beda !

      He’s an indonesian real figure…!!

      Ha…ha…ha…ha…

  2. san hiksan berkata:

    mbah suri benar2 orng yang lucu buanget deh!! ampe2 lagux udah menjadi terkenal dimana2 n udah banyak orang menjadikan lagux jadi nada sambung pribadi…!! 😀

  3. Ghufron berkata:

    sekarang mbah surip lg digendong kemana2

  4. dessii_dessii berkata:

    qreend laah,..

  5. Ahmad Farisi berkata:

    hahahah…. mbah surip… ada di mana?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s