Pak HR dan Spidol Takdir

Posted: 17 Agustus 2009 in Lagi Kepengen Nulis

Saia ini emang bukan penggemar beratnya pilem berbau ajaib-ajaiban serta sihir-sihiran bangsanya Harry Potter, Lord of The Ring dan kawan kawan itu.
Bukannya saia ini sok gimana gitu,
Sok nganggep kalo pilem gituan tu pilem khayalan dan ngga’ realistis.

Bukan,
Sama sekali bukan sodara-sodara…

Saia ini ngga’ suka pilem gituan tu karna daya nalar otak saia ngga’ nyampe buat mahamin jalan cerita pilem-pilem bercerita berat sebangsanya Harry Potter dan Lord Of The Ring itu.
Maklum, IQ jongkok…
Kalo ngeliat pilem gituan tu bawaannya males, pusing, mual, pengen pipis, pengen garuk pantat dsb.
Trus mana nama tokoh-tokohnya pada aneh gitu lagi…,
Ada anu…
Si Dumbledore, Voldemort, trus Dewi Persik.

Lho…, emang sejak kapan si Dewi Persik maen pilem Harry Potter…?

Emang bukan ya ?
Hehe.., ia, maaf, maaf…
Kan udah saia bilang tadi, pengetahuan saia tentang pilem Harry Potter sangat-sangat buruk sodara-sodara.
Jadi ya maklum deh…
Soal Dewi Persik Maen di pilem Harry Potter itu saia juga nguping omongan temen-temen saia yang seneng Harry Potter.
Dari yang saia denger kalo ngga’ salah sih gini,
Di salah satu pilem Harry Potter itu ada adegan Dewi Persik Goyang Gergaji di acara Dies Natalisnya Hogwarts, trus sama Voldemort disawerin duit 50 ribuan sambil nyolek-nyolek gitu. Dewi Persik ngga’ terima, kemudian dia nonjok hidungnya Voldemort sampe rata sama mukanya.
Ngga’ tau tuh, itu beneran apa ngga’…
Tapi kaya’nya saia deh ya yang salah denger.
*gruk-garuk pantat*

Lord Of The Ring juga gitu, Saia ngga’ ngerti sama sekali sama jalan ceritanya. Mending juga sinetron Manohara, jalan ceritanya lebih gamblang dan jelas.

“Mama…, Mano kepingin pulang Ma…, Pantat Mano bisulan…”

Eh, ngomong-ngomong… Lord Of The Ring tu artinya “Raja Cincin” ya ?
Iya kan ?

Itu, kemaren pas nonton tipi saia ngga’ sengaja nemu benda yang kaya’nya sih as roda sepeda gitu.
Ngga’ tau tuh, tergeletak gitu aja di depan tipi, paling-paling tu punya’an adek saia, si Opik.
Dia tu emang hobi banget ngebawa-bawa barang aneh yang dia temuin ke rumah.
Mulae dari setereofoam bekas sampe besi bekas proyek jembatan Suramadu.
(eh, ngga’ dink…) Pokoknya apa aja deh, barang-barang yang dia temuin di jalan ato di mana aja yang menurut dia menarik langsung aja dia pungut trus dibawa pulang ke rumah.
Makanya rumah saia itu kadang jadi mirip kaya’ tempat penampungan barang bekas gitu.
Saia berharap banget kalo adek saia itu suatu saat nanti nemu henpon BlackBerry beneran (bukan yang merek China) di jalan terus dia ngasih tu henpon mahal buat saia.
(ngarep)

Trus saia iseng-iseng aja maenin tu benda sambil nonton tipi. Tanpa sadar, as roda sepeda tadi saia masuk-masukin ke jari manis tangan kiri saia kaya’ make cincin gitu.
Daaan tiba-tiba…
*musik latar sinetron mistis Indosiar*

Seketika saia merasakan perubahan drastis pada diri saia. Bintik-bintik serta flek hitam di wajah saia hilang, kerutan-kerutan di wajah saia jadi hilang dan saia merasa jadi jauh lebih muda.

Lho, itu kan anu.., iklan Olay yang katanya bisa ngilangin 7 tanda penuaan itu.
Beneran ngga’ ya ?
Ngga’ tau juga tu beneran apa ngga’, tanya aja sama Marisa Haque yang tiap hari make Olay.

Tante Marisa, emang bener ya Olay bisa gitu ?

“Saeyha dhulhuw sekhouwlahnya di shinie, Kalhouw khuliyah BSI ajha…”

loh…?, ko’ malahan iklan BSI ya ??

Emang Barrack Obama dulu tu kuliah di BSI ya ??
Dibawar berapa sih dia buat promosiin BSI ?

(itu sama sekali tidak penting Fer !)

Sebenernya sih gini, pas saia iseng masuk-masukin jari manis tangan kiri saia ke as roda itu tiba-tiba aja jari saia ngga’ bisa dicabut !

Ya ampuun…
Sumpah saia panik banget waktu itu.
Sangat-sangat panik sodara-sodara !
Gimana coba kalo sampe jari saia ngga’ bisa dicabut beneran ?
Gimana saia mau cebok dengan tenang kalo di jari manis tangan kiri saia itu melingkar indah sebuah as roda sepeda ?
(wow…, ada yang ngganjel nih di pantat !!)

Tapi sukurnya nih ya, setelah dicoba-coba terus pelan-pelan, as roda yang melingkar indah di jari manis tangan kiri saia itu akhirnya bisa lepas juga. Lega banget deh rasanya ngga’ jadi amputasi jari manis.

As Roda Laknat
Inilah as roda laknat itu sodara-sodara

Eh ia, ko’ postingan saia ini jadi ngelantur gini…
Hehe

Oke, sebelum kita membaca postingan inti, mari kita perdengarkan terlebih dahulu lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan hening cipta sejenak untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur mendahului kita.

Postingan saia kali ini ngga’ ada hubungannya sama hal yang berbau ajaib-ajaiban, cuman judulnya aja tuh yang rada maksa.
Postingan saia yang ini sih cuman sekedar ngenang masa-masa SMA dulu aja.
(watz..? dulu ?, ya ampuun, padahal lulus SMA juga belom genap 2 bulanan gitu…)

Kalo inget jaman SMA dulu rasanya pengen banget balik ngulangin lagi.
Konyolnya, indahnya, lucunya sampe yang romantisnya…, wuihh…, bener-bener ngangenin banget.

Tapi saia ini ngga’ mungkin bisa buat balik lagi ke masa-masa itu, waktu ngga’ bakalan mungkin berputar mundur.
Saia ngga’ mungkin bisa ikutan The Master Junior lagi,
Saia ngga’ mungkin bisa ikutan Idola Cilik lagi…
Saia ngga’ bakalan dibolehin naek odong-odong lagi…
(woy…, inget umur woy !)

Ya sudah lah…,
Lupakan.

Jadi gini, di SMA saia dulu tu papan tulisnya pake whiteboard, jadi kalo nulis di papan tulis tu mesti pake spidol. Soalnya anu…, kalo nulis di whiteboard pake kapur tulis, tulisannya ngga’ bakalan keliatan.
(ya ia lah…, dasar dodol !)

Masalahnya, spidol-spidol yang ada di kelas tu suka ilang secara misterius, ngga’ tau ke mana ilangnya. Ya biasa lah…, kerjaan anak SMA yang penuh daya kreatifitas. Untung cuma spidolnya doang yang ilang, ngga’ sama papan tulisnya.

kalo papan tulisnya ilang, asik dong Fer…, ngga’ belajar, ulangan batal, hehe

Gara-gara spidol di kelas pada ilang, makanya itu tiap guru punya spidol masing-masing yang selalu dibawa ke mana-mana buat ngajarin murid-muridnya.
Semua guru di sekolahan saia itu pasti punya spidol masing-masing, tak terkecuali Pak HR.
(demi menjaga kewibawaan sang guru, maka nama sengaja kami samarkan)

Pak HR punya beberapa batang spidol bermerk Snowman warna biru sama item. Harganya dulu pas sebelum krismon kira-kira 2000 perak, kalo sekarang sih mungkin sekitar 7500-an kali ya ?
Tau’ ah, ngga’ penting banget, Yang jelas Pak HR tu punya beberapa batang spidol gitu buat ngajar, sama kaya’ guru-guru laen di sekolah saia.

Pak HR ini adalah seorang guru fisika yang ngajar di seluruh kelas XII IPA SMAN-1 Sampit, termasuk di kelas saia juga, di XII IPA 3 yang dipenuhi oleh siswa-siwa yang multi talents.

Nah, Pak HR ini punya hobi nunjuk-nunjukin orang buat ngerjain soal di papan tulis depan kelas, dan nunjuknya itu pake spidol, bukan pake telunjuk.

“Ya’… kamu, coba kerjakan soal yang di depan ini” (tentu aja nunjuknya pake spidol Snowman kebanggaannya)
Saia sama Frans Joviandi, temen sebangku saia nganggep Spidol Snowman punyaan Pak HR ini bukan spidol biasa, tapi spidol TAKDIR. Ia, spidol takdir sodara-sodara…
Soalnya itu gini, kalo Pak HR udah nunjuk seseorang buat ngerjain soal fisika di depan kelas, maka niscaya tidak ada seorangpun yang bisa menghentikannya, kecuali tuhan.

Bahkan walopun kita SMS-an sama Mama Lauren sampe abis pulsa semilyar sekalipun, Ketik reg (spasi) ramal sampe ratusan ribu kali buat ngerubah nasib kita, kita ngga’ bakalan bisa mengelak dari spidol takdir milik Pak HR itu. Dan mau ngga’ mau kita mesti maju ke depan kelas buat ngerjain soal yang udah disediain sama Pak HR.

Kalo kita sampe gagal ngerjain soal dari Pak HR itu, maka kita bakal dihukum pancung di hadapan ratusan siswa sehabis upacara bendera.

Ya engga’ lah…, emang dikira sekolahan saia itu camp tawanan perang apa…

Kalo kita berhasil ngerjain soal dari Pak HR itu sih yang jelas kita bakal bangga banget, lebih bangga dari pada menangin medali emas olimpiade fisika internasional 5 kali berturut-turut.

Tapi kalo kita sampe gagal ngerjain soalnya, maka kita bakal ngerasa down banget, kita bakalan ngerasa sebagai orang paling bodoh yang ada di dunia ini, lemah, tak berdaya dan sangat-sangat payah. Trus kemungkinan besar kita juga bakal ngalamin trauma berkepanjangan sama yang namanya Fisika. Kalo ngeliat buku fisika langsung teriak-teriak histeris, Kalo ngeliat fotonya Albert Einstein langsung pingsan. Ya pokoknya gitu-gitu deh, nyeremin banget pokoknya.

Pak HR itu sih menurut saia orangnya ngga’ pemarah, cuman gimana ya ?
Kalo belajar sama Pak HR itu suasananya tegang. Semuanya harus fokus, semuanya harus sesuai target, dan semuanya harus bisa dan nguasain materi. Semua itulah yang kadang bikin saia dan temen-temen saia yang kurang cerdas sampe yang cerdas ngerasa tertekan banget kalo belajar fisika sama Pak HR ini.

Salah satu cara saia buat mengelak dari tunjukan spidol takdir milik Pak HR ini adalah dengan cara pura-pura sibuk. Ya, pura-pura sibuk biar dikira aktif dan respect banget sama pelajaran beliau. Misalnya pura-pura bolak-balik buku, sok-sokan mencet-mencetin tombol kalkulator, sok-sokan nyatet-nyatet gitu ato ikutan densus 88 nyariin Nurdin M Top biar keliatan makin sibuk dan aktif.
Kalo udah keliatan aktif gitu, kemungkinan besar kita bakalan terlepas dari tunjukan maut spidol takdir punyaan Pak HR itu.

Trus saia dan temen sebangku saia, si Frans Joviandi juga menduga kalo spidol takdir punyaan Pak HR itu punya kemampuan ajaib, yaitu kalo spidolnya dipake buat ngajar fisika sama beliau, kita berdua jadi ngga’ ngerti sama apa yang diajarin. Beneran, serius ! (itu sih emang dasar kalian berduanya aja yang geblek…, pake nyalah-nyalahin spidol segala…)
Spidol milik Pak HR itu juga punya kemampuan buat memperlambat waktu. Kalo belajar fisika sama Pak HR ini waktu berjalan lambaaaaat banget, 2 jam aja belajar fisika sama Pak HR ini berasa kaya berbulan-bulan gitu ngga’ balik ke rumah. Tau-tau pas jam fisikanya selese rambut udah gondrong aja, trus jenggot udah kemana-mana ngga’ kerawat. Walopun toh ditengah-tengah pelajaran fisika Pak HR ini sering mensugesti kami gini,

“2 jam serasa 20 menit…”

Tapi ya tetep aja lama !!!

Marah-marah sih emang ngga’ ya, tapi Pak HR itu jago banget ngebikin suasana horor di dalem kelas, tegang banget gitu. Kenapa ngga’ jadi sutradara pilem horor aja Pak ?, kan duitnya lumayan tuh…

“Ah ngga’ Fer, Bapak lebih seneng jadi guru, mendidik anak-anak bangsa…, lagian gajinya juga lumayan gede, belum duit lesnya. Trus kerjanya juga nyante, banyak liburnya… Saya juga barusan beli mobil baru nih…” *ngelap-ngelapin mobil*

Kalo Pak HR ini ngga’ masuk ngajar, seluruh kelas XII IPA 3 bersuka ria pesta pora ngelebihin taon baruan dan bersyukur banget karena mereka udah ngedapetin hari yang sangat indah itu, hari di mana Pak HR dan spidol takdirnya ngga’ masuk. Ada yang bakar ayam, ada yang ngadain dzikir akbar, ada yang nyalain kembang api, yaa… Gitu-gitu deh…

Mungkin bagi temen-temen saia yang kemampuan otaknya di atas rata-rata kaya’ Chinda, Amalia, Ajeng dan Lisna (woiii jangan ge’er woii…!), spidol takdir punyaan Pak HR ini ngga’ lebih mereka anggep sebagai cemilan doang, dan mereka tetep bisa enjoy-enjoyan, sante-sante pas pelajaran fisika yang sungguh sangat menegangkan itu.

Tapi buat saia dan temen-temen saia yang berotak pas-pasan (ngga’ perlu saia sebutin namanya satu-satu), ngelilingin kuburan jeruk purut 7 kali trus ketemu sama hantu pastur kepala buntung itu bisa jadi lebih nyenengin dari pada belajar fisika sama Pak HR dan spidol takdirnya.
Males banget deh rasanya ke sekolah kalo pas ada jadwal fisika.

Yaah…, walopun keliatannya ngga’ nyenengin gitu, tapi itu semua bakal selalu saia simpan dalam memori otak saia yang sangat terbatas ini, tertumpuk bersama sekian banyak kenangan 3 tahun paling berkesan dalam hidup saia. Kadang-kadang saia suka protes sendiri, kenapa sih SMA itu cuman 3 taun ??
Ngga’ 6 taon gitu kaya’ SD, hehehe

Iklan
Komentar
  1. Salam Merdeka Juragan..
    Sekali Merdeka tetap Merdeka..
    Merdeka Untuk Selama-lamanya
    Jayalah Bangsaku..

    http://celotehanakbangsa.wordpress.com/2009/08/16/bangsaku-indonesia-namanya-bangsamu-apa-namanya/

  2. Mus berkata:

    Assalamu ‘Alaikum Wr. Wb,
    Barangkali banyak khilaf dalam menulis dan berkomentar, izinkan hamba yang hina ini mengharaf maaf, Minal Aidzin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin. Selamat Menunaikan Ibadah Puasa, Semoga Kita Semua diberi kekuatan dan kemudahan dalam menjalankan setiap PerintahNya, Amiin…

    Sahabat! Jika berkenan, sudilah kiranya menempatkan nama Rusli Zainal Sang Visioner di bagian Blogroll blog Sahabat, setidaknya sampai 12 sept sahaja. Keikhlasan bantuan BACKLINK dari sahabat amat sangatlah berarti bagi saya, tiada yang dapat yang berikan sebagai gantinya, kecuali Backlink balik dan Do’a Jazakumullahu Khoirol Jaza’ wa Syukroon Katsiron ‘ala Nushrikum.
    Wassalamu ‘Alaikum Wr. Wb

  3. amal berkata:

    hahahahahahahahahahahaha*ak cm bs ktw ja mbc postingan kam fer! gw sk gaya loe. .
    *masa unda pintar fer? lo d hdpn pa har t smw jd bodoh. . gkgkgkgk. .
    *eh,tp ko sawe jrg lh d takdirkn wan spidol pa hr? jarang! hnyr nydr ak. . owh,mgkn pa hr tw lo sawe lm2 d dpn, kls bs bnjr, krn sawe slalu mbw kran otomatis d tgnx. . haha
    *kutipan omgn pa hr “ms d kls ni blm? ipa1 ipa2 aj sdh?” plus d warnai tawa mistis d dlm ht smw murid yg bkta “bpk pikun, kan uda brp hr kaga msuk”
    *eh, jujur! Tiap k skul, hbs kt d nytkn lulus tentuny, ak tdk ingn sm skli bhwa saia btmu dgn pa hr. . serem. . aura mistisx mglhkn limbad dn hantu2 yg pnah maen pilem. . haha

  4. ZonS berkata:

    wehehehehehheheee….
    emang paling bisa bikin ngakak 😀

    by the way, now it’s the time, holy ramadhan is here! 😀

    selamat menjalankan ibadah ramadhan buat semua yang menjalankan
    semoga kita bisa memperoleh kemenangan sejati, amin…
    mohon maaf yg sedalam2nya atas semua kekhilafan

    .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s