Sedikit Oleh-Oleh dari UTS Kemaren

Posted: 16 November 2009 in Lagi Kepengen Nulis

Akhirnya UTS telah berakhir hari sabtu kemaren, dua minggu yang indah itu telah terlewati.
2 minggu di mana sama sekali ngga’ ada tugas dan kuliah, 2 minggu di mana saia masuk siang pulang cepet, 2 minggu di mana saia cuman ada di kampus selama kurang dari 2 jam,
Abis dari kampus biasanya saia jalan-jalan dulu, nongkrong berjam-jam di Gramed baca buku gratisan ato langsung pulang ke kost, Tidur. Bener-bener nyante banget deh pokoknya…
Tapi sayang, itu semua telah berakhir dan mulai hari ini tadi kuliah lagi kaya’ biasanya.
(mana bagian sedihnya ??, mana bagian susah-susahnya ?? Hah ??, ko’ UTS malah seneng-seneng gitu sih ??)

***

Di jurusan saia itu ada mata kuliah yang namanya Pengantar Pertanian yang dipelajarin pas semester I.
Di mata kuliah Pengantar Pertanian ini saia diajarin tentang apa itu pertanian dan dasar-dasarnya.
Berkat mata kuliah ini saia jadi tau kalo pertanian itu ngga’ melulu tentang kebon dan tanem-taneman doang, tapi lebih luas dari itu.
Berdasarkan catatan temen yang saia pinjem yang saia pelajari dari mata kuliah ini, pertanian adalah proses menghasilkan bahan pangan, ternak, serta produk-produk agroindustri dengan memanfaatkan sumber daya tanaman dan hewan.
(sok iye banget saia ini…, padahal pas kuliah juga sering tidur)

Karena itu, di IPB itu ngga’ cuman ada jurusan yang mempelajarin masalah kebon-kebonan sama tanem-taneman doang, tapi juga ada jurusan Peternakan, Perikanan, Kehutanan, Kelautan, Ilmu Komputer, dll.

Tapi saia heran, ko’ di IPB itu ada jurusan Komputer ya ??
Apa hubungannya coba sama pertanian ?

Mungkin kalo kita masuk jurusan itu kita bakal belajar bahwa kalo kita nanem mouse di dalam tanah trus disiram dan dipupuk kabelnya ngga’ bakalan nambah panjang,
Kalo kita nyemprot insektisida ke komputer, komputernya ngga’ bakalan diserang ama hama belalang,
Trus kalo CPU kita kasih pupuk secara teratur, kerjanya bakal lebih cepet.

Ya mungkin begitu kali ya ? Saia juga ngga’ tau pasti sih.

Trus berkat mata kuliah yang bernama Pengantar Pertanian ini, saia jadi tau kalo ternyata kambing dan sapi itu makannya rumput, bukan nasi uduk.
Saia jadi tau kalo ternyata padi itu nanemnya di sawah, bukan di pelataran parkir.
Saia jadi tau kalo melihara ikan itu di kolam, bukan di kandang,
Saia jadi tau kalo ayam itu bertelor dan ngga’ menghasilkan susu.
Dan yang terakhir saia juga jadi tau kalo ternyata saia ini bego banget…

Yah…, memang beginilah adanya sodara-sodara….
Harap maklum…

Sebagaimana mata kuliah lainnya, mata kuliah Pengantar Pertanian ini juga ikut-ikutan ngeramein UTS.

Kalo pas mata kuliah Pengantar Pertanian itu saia hampir ngga’ pernah nyatet…
Biasanya tidur

Saia begitu ngeremehin mata kuliah ini. Abisnya pas kuliah keliatannya gampang banget, cuman ngenal-ngenalin kita sama yang namanya pertanian doang. Trus Pak dosen yang ngasih kuliah juga modelnya kaya’ cerita gitu. Jadi males deh nyatet, bisa ngedengerin dengan baik dan ngga’ ketiduran aja udah bagus banget lah.

Saia kira…
Saia kira…
Saia kira…
Soal-soal UTS matkul Pengantar Pertanian ini teramat sangat mudah. Ya emang ngga’ terlalu susah sih pilihan gandanya…
Tapi eeeeeh…..
Pas bolak-balikin lembar soal, ternyata ada soal ESSAY-nya !!!

Damn !!
(translate : CILOKO !!)

Saia kan hampir ngga’ pernah nyatet…,
Merhatiin aja jarang…
Bagaimana inih ??

Sebenernya sih sehari sebelum UTS matkul Pengantar Pertanian ini saia sempet ditawarin sama temen saia buat motokopi bahan-bahan kuliah. Lumayan, buat belajar gitu maksudnya.
(ya, dia memang anak yang rajin dan baik hati sodara-sodara)
Tapi, dengan halus saia tolak. Soalnya saia tau kalo udah dipotokopi juga ntar ujung-ujungnya ngga’ bakalan saia baca.
Buat apa’an coba dipotokopi kalo ujung-ujungnya ngga’ dibaca, cuman ditenteng-tenteng doang sana-sini ??
Mubadzir itu namanya…
Beetuul tiidaakk…??

Lagian soal-soal essaynya ternyata juga ngga’ ada yang diambil dari bahan potokopian yang ditawarin sama temen saia itu, tapi diambil dari penjelasan Pak dosennya.

Jadi, barang siapa yang gemar mendengarkan penjelasannya Pak dosen, maka dia akan berbahagia di hari UTS.

Soal essay adalah kebahagiaan bagi orang yang mengerti dan kesedihan bagi orang-orang yang bego.

Soal essaynya itu ada 4 biji sodara-sodara…

Seandainya aja soal essainya itu kaya’ gini,

Kenapa Masako itu enak ?, jelaskan !

Jawab :

Karena Masako itu terbuat dari daging asli dan rempah-rempah pilihan.

Ato gini,

Tuliskan secara lengkap bait pertama dari lirik lagu “Batal Kawin” dari Projek Pop !

Jawab :

Kawiiiiin…
Kawiiiiin…

Minggu depan aku kawin….

Kawiiiiin…
Kawiiiiin…

Tidur ada yang nemenin…

Kawiiiiin…
Kawiiiiin…

Status di KTP ganti jadi…

Kawiiiiin…
Kawiiiiin…

Tapi sayangnya sampe kapanpun soal UTS matkul Pengantar Pertanian ngga’ bakal kaya gitu.

Alhamdulillah 3 dari 4 soal essay itu masih ada yang nyangkut-nyangkutnya dikit, jadi masih bisa dikerjain walopun aga’-aga’ ngaco…. Satu-satunya soal essay yang sama sekali ngga’ ada nyangkut-nyangkutnya sedikitpun di otak itu adalah soal essay nomor 1.

Soalnya tu gini,

“Mengapa sebagian besar tanah di Indonesia memiliki sifat asam atau ber Ph rendah ?, jelaskan !”

Menurut saia ngejawab soal ini tu ngga’ semudah ngejawab pertanyaan orang-orang yang sering diajuin ke saia, “Fery, kenapa sih Fer, kamu itu ganteng banget…??” (narsis mode : ON BANGET)

Dan biasanya kalo saia ditanyain gitu sama orang-orang, saia cuman bisa jawab “Emang udah dari sononya…”

Tapi kalo soal essay gitu gimana coba ngejawabnya ?? Apakah saia mesti ngejawab gini,

“Kebanyakan tanah di Indonesia bersifat asam karena emang udah dari sononya.”

Oh… Tidak, itu ngga’ bakalan saia lakuin karena itu bakalan memperkuat image bego pada diri saia.

Akhirnya itu soal essay saia jawab dengan teori-teori yang meyakinkan tapi padahal cuma omong kosong doang alias ngaco. Tapi ngga’ papa, yang penting bisa kejawab, lumayan buat nambah-nambah nilai dikit dari pada kosong blong. Sukur-sukur kalo jawaban itu ngga’ semakin memperkuat image bego pada diri saia di mata dosen dan tim pemeriksa. Ya, semoga saja sodara-sodara…
Tobat deh, laen kali bakal rajin ngedengerin Pak dosen Pengantar Pertanian bercerita pas kuliah supaya sukses di ujian essay…
Sapa tau aja ntar di ujian ada soal yang kaya gini,

“Mengapa Anang menceraikan KD ?, jelaskan !”

Iklan
Komentar
  1. sonty berkata:

    Kayaknya kuliah asiiiiik yaaaa..
    pengen cepet cept kuliaaaahh. 😦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s