Tips dan Trik Absurd Berspekulasi dalam Ngerjain Soal UN

Posted: 19 Maret 2010 in Lagi Kepengen Nulis

Assalamualaikum…

Hello readers….

Long time ngga’ ganjel-ganjelin sesuatu di blog ini…

Susah emang nemu waktu dan suasana yang pas buat posting. Beda banget sama pas jaman SMA dulu, bisa posting kapan aja dan di mana aja saia mau. Bisa posting sambil tiduran, bisa posting sambil nyuci baju, bisa posting sambil lari-larian dikejar satpam komplek, bisa posting sambil ikut berpartisipasi dalam kerja bakti lingkungan sekitar tempat tinggal, d.s.b…

Pokoknya bebas banget lah…
Semua yang saia pikirin dan pengen saia tulis bisa sinkron sama jari-jari tangan yang menari lincah di atas keyboard.

Kalo sekarang ?

SUSAH BANGET…

Boro-boro posting sambil lari-larian dikejar satpam komplek ato posting sambil ikut berparsitipasi dalam kerja bakti di lingkungan tempat tinggal.
Lha posting sambil duduk manis di depan notbuk yg konek ke internet aja susah banget…
Banyak banget yang pengen ditulis, mengeluarkan segala unek-unek yang ada di otak. Tapi jari-jari tangan ini ngga’ mau sinkron sama apa yang saia pikirin.

Oke… Oke…
Berhubung hari ini Alhamdulillah lagi dapet suasana yang enak banget buat posting, akhirnya saia bisa juga ngeganjelin blog ini dengan postingan baru.

Be te we, saia baru tau loh kalo anak sma hari senen besok tanggal 22 April pada mau UN. Ngga’ kerasa udah hampir setaun ninggalin SMA.

Jadi inget kira-kira setaun yang lalu pas jaman SMA stresnya kaya gimana waktu mau ngadepin UN, takut banget kalo ngga’ lulus.

Semakin deket UN perasaan dan suasana hati semakin ngga’ menentu. Kadang senyum-senyum sendiri, kadang ketawa-ketawa ngga’ jelas, kadang nangis-nangis sendiri, nyeremin banget deh pokoknya. Malahan kemaren ada temen saia yang tiba-tiba nekat naek ke tower BTS salah satu operator seluler dalam negri yang hobi ngasih tarif promo dan SMS-nya murah trus terjun bebas ke bawah, tapi ngga’ mati dan akhirnya kemudian dia mutusin buat ngebajak odong-odong yang lagi mangkal di depan TK trus tu odong-odong dipake keliling sekolahan ngga’ pake baju dengan bulu ketek kemana-mana.
(yang ini kayanya enggak deh)

Dalam keadaan yang mengerikan seperti itu, saia sebagai pelajar SMA nan sotoy berusaha mencari sebuah cara alternatif supaya bisa lulus UN dengan gemilang. Yeah, tanpa capek-capek belajar dan ikutan bimbel sekolah di siang bolong tentunya. (hehehe *ketawa licik*)

Yupz, dan saia pun mutusin buat nyari tips dan trik biar lulus UN tanpa capek-capek belajar dan ikutan bimbel sekolah di siang bolong itu lewat bantuan om google.

Kemudian saiapun mengetikkan sebuah keyword search di google “CINTA FITRI SEASON RAMADHAN 1430 HIJRIAH”, tapi tips dan trik yang saia cari’in malah ngga’ ada, yang ada malahan sinopsis sinetron cinta fitri sesion ramadhan, dan kemudian saiapun nyadar kalo saia salah masukin keyword.
(YA EA LAH…, SOTOY !!!!)

Kemudian saia masukin keyword yang bener, yaitu “TIPS DAN TRIK MENGERJAKAN SOAL UN”.

SUMPAH, awalnya sih saia niat nyari tips dan trik ngerjain soal UN tu yang bener-bener aja, tapi justru dapetnya tips yang rada absurd di sebuah blog.

Pengen sih ngasih linknya ke blog itu, tapi masalahnya saia udah lupa ama alamat blognya, trus pas saia cariin pake google dengan berbagai macam keyword, tapi ngga’ ketemu.

Yah… Bagi pihak yang ngerasa ide-ide dari postingannya dicolong dan dimanipulasi ma’af-ma’af deh ya…
Hehehe

Abis mau ngelink gak tau alamatnya sih.

Jadi gini neh tips dan triknya…

Check this out…

Seperti yang kita tau, soal UN itu pilihannya terdiri a, b, c, d, ato e.
Nah, dari setiap urut-urutan 5 nomor soal, kita ambil contoh :

1-5, 6-10, 11-15, 16-20, ….. dst.

HAMPIR NGGA’ PERNAH ADA (tapi nggak 100%) jawaban yang komplit, misalnya gini nih :

1. a B C D E
2. A B c D E
3. A b C D E
4. A B c D E
5. A B C D e

Nah, keliatan kan kalo dari 5 nomor itu ada 1 opsi (opsi D) yang ngga’ dipake sama sekali. Bahkan, pada beberapa urutan nomor yang laen (kaya’ 6-10, 11-15, dsb) bisa sampe ada 2 opsi jawaban yang ngga’ dipake.

Kalo mau buktiin, liat aja di kunci jawaban UN taon sebelumnya yang udah dibukuin.

Adanya opsi jawaban yang ngga’ kepake dalam urutan nomer itulah yang ngebantu kita dalam mempersempit kemungkinan memilih jawaban yang salah.

Kalo kamu udah bisa ngejawab 2 nomor yang jawabannya KAMU YAKIN PASTI BENAR dalam urut-urutan nomor tadi, misal :

1. A B C D E
2. A b C D E
3. A B C D E
4. A B C D E
5. A B C D e

Kamu udah ngantongin 2 jawaban yang pasti benar (B dan E). Kalo mau, kamu bisa pake jawaban B ato E itu buat ngisi jawaban-jawaban yang masih kosong dari urut-urutan nomer yang tadi.
(jawaban nomor 1,3, dan 4)
Tapi ingat, 2 jawaban tadi harus yakin bener dan yang dipilih cuman salah satu jawaban (B ato E semua)

Berdasarkan perhitungan, Kemungkinan besar jawaban kamu yang benar dari 5 urutan nomor tadi bakalan nambah jadi 3.

Perhitungannya gini,

Jumlah soal UN = 50
Jumlah urut-urutan = 50 : 5 = 10

Jadi kalo tiap 5 nomor kamu bener 3, maka skor yang kamu dapet

3 x 10 x 2 = 60 (ato seengga’-engga’nya mendekati)

Lumayan kan ?
Apa lagi kalo buat pelajaran yang maha sulit kaya’ matematika ato fisika.

Jadi inget dulu pas UN matematika. Pengawasnya killer banget, kaya’ sipir penjara nusakambangan. Mana soalnya gilaaa susah banget, mau nyontek ngga’ bisa. Perasaan saia waktu itu udah pengen ngais-ngais tanah, apa lagi pas pengawasnya dengan tanpa rasa bersalah bilang kalo waktu ujian tinggal 15 menit lagi, perasaan saia udah ngga’ pengen ngais-ngais tanah lagi, tapi udah pengen nggali kubur yang dalem lengkap dengan tipi plasma layar datar LG + home theatre buat nonton pilem.

Tapi untung Alhamdulillah bisa juga lulus walopun dengan nilai pas-pasan.

At last…

Trik dan tips di atas jangan dijadiin tumpuan 100%, ato dalam artian kamu ngga’ belajar sama sekali dan cuman ngarepin lulus UN cuman dari cara gituan doang. Mungkin kalo cuman sekedar dijadiin pertimbangan waktu kamu harus nembak-nembak jawaban ya boleh lah, karna namanya aja peluang, nggak ada yang bisa jamin dan nggak ada yang pasti.

Setelah diitung-itung pake rumus statistika, kemungkinan susunan jawaban yang mungkin supaya kamu bisa dapet nilai perfect (10) adalah :

opsi jawaban (A,B,C,D dan E) = 5 dipangkatkan dengan jumlah soal (50).

4^50 = 8881784197 x 10^34 kemungkinan susunan jawaban.

Keliatannya emang banyak banyak banget sih, tapi itu semua ngga’ nutupin kemungkinan buat ngedapetin nilai 10.

Buat temen-temen yang besok mau UN, moga aja sukses dan lulus dengan hasil yang memuaskan.

Amiiin….

Hasil akhir bukan segalanya, yang penting usaha terbaik yang udah kita lakuin, keep fight and keep istiqommah….

Iklan
Komentar
  1. diazhandsome berkata:

    gile, postingannya lebay banget. HAHAHAHA…

  2. PrismAbsurD berkata:

    haha aduh kalo aku sih mending usaha dulu ngisi semua deh kak .. :p
    BW .. salam kenal (lagi.. hhe soalnya dulu pernah kenal 😀 )

  3. fery finish last berkata:

    ya eyalahhh mending usaha aja dulu semampunya…
    kalo nggak bisa yaaaaa ???
    heheheh

    masa sih pernah kenal ? emang iya ?

  4. diazhandsome berkata:

    jiah, itu mah alay. bukan lebay. alay dan lebay itu beda JAUH sekali. kalo dalam bahasa indonesia yang benar, lebay bisa diartikan sebagai ‘hiperbola’. 😀

  5. fery finish last berkata:

    Iya, ane ngerti gan…

    Tapi kelebay-an yang berkepanjangan bisa menyebabkan 4lL@Y…. 😀

  6. diazhandsome berkata:

    emang iya ya? coba tolong dijelaskan pimpinan sidang…

  7. dessii_chemique berkata:

    mas fery..
    taks kau balaaz message saiia,.

    i’ll be waiting,.

  8. tawvic berkata:

    gak ngerti…

  9. sonty berkata:

    Huaaaaaaaaaa..
    ngakak bacanya.
    Keren banget, sayang aku dah LULUS sekolah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s